• 9. PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN BARANG PT.KARYA LESTARI
    Vol 1 No 2 (2018)

    Perkembangan sistem informasi mengalami kemajuan yang sangat pesat, hal ini diakibatkan karena banyaknya dan beranekaragamny adata  yang harusdiolah dan  disajikan dalam bentuk informasi. PT.Karya Lestari merupakan  perusahaan yang bergerak dalam  kebutuhan sehari – hari seperti makanan, minuman, buku, obat – obatan.. Untuk menangani persediaan barang yang ada tentunya tidak mudah apalagi  masih menggunakan  sistem  manual, sehingga pembuatan  laporan  membutuhkan waktu yang  tidak  sedikit. Sistem tersebut  adalah  Sistem Informasi Persediaan Barang PT.Karya Lestari. Tujuan dari diadakannya penulisan Laporan Artikel ini adalah : Sebagai salah satu syarat untuk persyaratan kelulusan di Sekolah Tinggi Teknologi 10 Nopember. Metode yang digunakan dalam Sistem Informasi Persediaan Barang  PT.Karya Lestari adalah menggunakan beberapa metode antara lain : observasi, wawancara dan studi pustaka. Hardware yang digunakan adalah satu unit komputer dengan minimum RAM 2 GB dilengkapi dengan mouse, keyboard dan satu unit printer cartridge. Sotware menggunakan Sistem Operasi Windows 7, Aplikasi SQL Server dan Microsoft Visual Basic Studio NET 2008. Dengan diterapkan aplikasi sistem informasi persediaan barang pada PT.Karya Lestari dapat mempermudah untuk mengontrol laporan persediaan barang.

  • 8. PERANCANGAN GAME EDUKASI My Sunsun UNTUK MOTIVASI CINTA LINGKUNGAN DENGAN MENGGUNAKAN SCIRRA CONSTRUCT2
    Vol 1 No 2 (2018)

    Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini berpengaruh besar terhadap berbagai aspek kehidupan, bahkan perilaku dan aktivitas manusia kini banyak tergantung kepada teknologi informasi dan komunikasi. Salah satu contohnya adalah pemanfaatan teknologi pada proses belajar mengajar, terutama teknologi multimedia komputer. Dalam dunia pendidikan, berbagai media pembelajaran berbasis multimedia ini mulai dikembangkan, untuk membantu terciptanya proses pembelajaran yang efektif dan menarik. Salah satu bentuk media pembelajaran berbasis multimedia adalah game edukasi. Game edukasi dipilih karena game sebagai media visual memiliki kelebihan dibandingkan dengan media visual yang lain karena game mengajak pemainnya untuk turut serta dan andil dalam menentukan hasil akhir dari game tersebut. Game ini akan mengajak pemain khususnya anak dini untuk mengetahui jenis sampah.

    Tahapan dalam proses perancangan ini adalah ide dasar, garis cerita, desain grafis, suara, menentukan control gameplay, dan pengujian. Setelah dilakukan prosedur perancangan dan berjalan sesuai, dan media memenuhi kriteria interaktif yang layak, baru dilakukan conversi dari html5 ke platform android agar bisa dijalankan di smartphone.

    Dengan adanya game edukasi cinta lingkungan  sebagai media pembelajaran anak menggunakan scirra construct2 ini, maka diharapkan dapat menarik minat anak untuk mencintai dan melestarikan lingkungan. Sehingga diharapkan bisa mendongkrak rasa cinta terhadap alam dan sekitar dengan membuat sampah pada tempatnya sesuai dengan jenis sampah tersebut.

  • 7. SISTEM PENSETEKSI KEBOCORAN GAS DAN API DENGAN MENGGUNAKAN SENSOR MQ2 DAN FLAME DETECTOR
    Vol 1 No 2 (2018)

    Penggunaan LPG sebagai bahan memasak sudah sangat lazin di masyarakat, karena dikenal lebih efisien bila dibandingakan dengan minyak tanah. LPG memiliki kelebihan dan kekurangan dibandingkan dengan minyak tanah. Kelebihan LPG yaitu lebih mudah terbakar untuk memasak dan praktis dalam penggunaanya namun LPG memiliki kekurangan yang mudah meledak apabila ada percikan api didaerah sekitarnya. Kebocoran tabung LPG juga telah menjadi salah satu penyebab terjadinya kebakaran dikalangan masyarakat, untuk mencegah terjadinya kebakaran tersebut maka dibuatlah perangkatpendeteksi kebocoran gas dan apai dengan menngunakan sensor MQ2 dan flame detektor agar kebakaran dapat dicegah dan kita dapat mengetahui kadar LPG di udara. Alat pendeteksi menggunakan sensor MQ2 berbasis mikrokontroler ATMega328 merupakan suatu alat yang dibuat untuk dapat mengetahui kondisi (bocor atau tidaknya) tabung LPG. Perangakat ini menghasikan data yang terdeteksi oleh sensor yang ditampilkan oleh LCD. Flame detector menggunakan papan Arduino uno, Mikrokontroler ATMega328 sebagai otaknya, sensor MQ2 sebagai input data, buzzer,kipas DC, dan LCD.

    Metogologi pengumpulan data dalam pembuatan pendeteksi kebocoran gas dan api dengan mengunakan flame detector dan sensor MQ2 ini dapat dari datasheet, jurnal, buku dan artikel dan beberapa situs internet yang mendukung pembuatan perangkat ini. Dalam pembuatan perangkat pendeteksi kebocoran gas ini juga dibagi menjadi dua yaitu pertama membuat perangkat keras  (hardware) dan juga perangakat lunak (softwere)

    Hasil dari pendeteksi alat ini adalah batas maksimun agar sensor dapat menghindari adanya kebakaran  akibat bocornya tabung LPG.  Simpulan yang dapat ditarik dari sistem pendeteksi kebocoran gas dan api dengen menggunakan sensor MQ2 dan flame detector dapat diketahui oleh sensor MQ2 dan ditampilkan kelayar LCD, Hidupbya buzzer serta kipas

  • 6. SISTEM MONITORING DAN KEAMANAN PINTU BERBASIS SMS VIA ARDUINO UNO
    Vol 1 No 2 (2018)

    Saat ini keperluan akan sistem keamanan meningkat pesat. Keperluan itu didasarkan dengan banyaknya kasus pencurian khususnya pada daerah yang kurang cepat dalam penanganan saat terjadi tindak pencurian. Oleh sebab itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan membangun sistem keamanan pintu dengan sensor limit switch serta notifikasi SMS berbasis mikrokontroler yang diharapkan mampu untuk menyelesaikan masalah tersebut.

    Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan perangkat lunak Arduino IDE yang merupakan perangkat lunak untuk memprogram mikrokontroler pada sistem keamanan. Perangkat keras yang digunakan adalah komponen elektronika, yaitu board Arduino Uno, Sensor Limit Switch, Buzzer, LCD, Relay Modul, GSM Modul, dan Handphone.

    Uji coba yang dilakukan pada sistem keamanan ini diantaranya: Pertama, Pengujian fungsi alat yang digunakan. Kedua, Pengujian jarak maksimal dari sinyal koneksi modul GSM antara sistem keaamanan dengan Handphone. Ketiga, Pengujian waktu yang dibutuhkan untuk pengiriman SMS hingga sampai ke nomor tujuan.

    Hasil uji coba sebagai berikut : sensor Limit Switch dapat mendeteksi pergerakan dan berfungsi dengan baik. Jarak maksimal dari sinyal koneksi module GSM pada sistem keamanan adalah tergantung dari kartu sim yang di gunakan. Waktu pengiriman notifikasi SMS hingga diterima oleh nomor tujuan adalah 2 detik pada sinyal bagus (5 bar), 5 detik pada sinyal sedang (3 bar), dan 8 detik pada sinyal buruk (1 bar).

  • 5. PERANCANGAN APLIKASI PENJUALAN SOUVENIR PESTA PERNIKAHAN BERBASIS WEB DENGAN MENGGUNAKAN PHP
    Vol 1 No 2 (2018)

    Perkembangan  teknologi  informasi dan komunikasi saat ini berpengaruh besar terhadap berbagai aspek kehidupan, bahkan perilaku dan aktivitas manusia kini banyak tergantung kepada teknologi informasi dan komunikasi.

    Dengan berbagai kelebihan dan kemudahan yang ditawarkannya tentu akan meningkatkan komputerisasi dan efektivitas kerja dari suatu perusahaan. Salah satu kelebihan dari sistem komputerisasi ialah menghasilkan informasi secara relevan, tepat waktu dan akurat.Informasi yang dihasilkan tidak terlepas dari manajemen informasi yang baik dan mampu menjaga kelancaran kebutuhaninformasi dalam sirkulasi data suatu sistem.

    Dengan adanya toko online ini ,memudahkan calon pembeli untuk mencari informasi barang tanpa harus datang kelokasi penjual. Biaya operasi yang relatif minim, berbeda dengan membuka toko konvensional yang harus menyewa tempat dengan harga mahal.Toko online dapat dihandel kapanpun dan dimanapun. Memiliki jangkauan pasar yang cukup luas, karena dapat menjangkau wilayah manapun selama masih terdapat koneksi internet dan juga dapat beroperasi tanpa batasan waktu, bahkan ada toko online yang buka 24 jam nonstop.

1 - 5 of 5 items